Subscribe:

Pages

Labels

Advertisement (468 x 60px )

Ads 468x60px

Search Box

Kamis, 15 Maret 2012

Program Sederhana Simpan, Edit, Hapus pada Visual Basic 6.0

Setelah membahas tentang pembuatan database dan cara koneksinya, pada artikel kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara membuat perintah simpan, edit dan hapus data pada database di visual basic.
pada pembuatan program kali ini struktur database yang akan saya gunakan adalah sebagai berikut :
nama database = DBData
nama tabel = mhs
field dari tabel mhs = nrp, nama, jurusan
type data = text

Untuk keterangan bagaimana cara membuat database silahkan lihat pada artikel sebelumnya.
Jika sudah membuat database, untuk koneksi dan menampilkan data dari tabel database kali ini saya akan menggunakan komponen Data, dan DBGrid.


 Setelah menambahkan component DBGrid pada Toolbox, buatlah desain form seperti ini :




Untuk cara koneksi database nya, pada Properties Data1 > DatabaseName cari dan buka file DBData.mdb yang telah kita buat. kemudian masih pada Properties Data1 > Recordsource, pilih = mhs.
seperti pada gambar berikut :




Setelah itu pada DBGrid1 Properties > DataSource atur menjadi Data1.





Sampai disini kita sudah berhasil mengkoneksikan database dengan menggunakan Data1.,
Setelah database sudah terkoneksi dengan form, sekarang kita akan membuat perintah simpan, edit, hapus pada command button.
Pertama klik 2 kali pada Command Button Simpan, kemudian ketikkan koding berikut ini pada jendela kode :

Private Sub Command1_Click()
'Addnew = untuk membuat atau menambah data baru
Data1.Recordset.AddNew
'perintah untuk menyimpan data yang di inputkan pada textbox ke dalam field database
Data1.Recordset!nrp = Text1.Text
Data1.Recordset!nama = Text2.Text
Data1.Recordset!jurusan = Text3.Text
'update = perintah untuk mengupdate data yang telah ditambahkan
Data1.Recordset.Update
'perintah untuk merefresh grid ketika data sudah ditambahkan
DBGrid1.Refresh
'perintah untuk mengkosongkan textbox setelah data disimpan
Text1.Text = ""
Text2.Text = ""
Text3.Text = ""
End Sub

Kemudian Klik 2 kali pada Command Button Edit, lalu pada jendela kode, ketikkan kode perintah berikut :

Private Sub Command2_Click()
'Edit = untuk mengedit data yang sudah ada
Data1.Recordset.Edit
'perintah untuk menyimpan data yang di sudah di edit
Data1.Recordset!nrp = Text1.Text
Data1.Recordset!nama = Text2.Text
Data1.Recordset!jurusan = Text3.Text
Data1.Recordset.Update
DBGrid1.Refresh
Text1.Text = ""
Text2.Text = ""
Text3.Text = ""
End Sub

Untuk perintah hapus data, klik 2 kali Command Button Hapus, kemudian ketikkan kode perintah berikut :

Private Sub Command3_Click()
Data1.Recordset.Delete
DBGrid1.Refresh
Text1.Text = ""
Text2.Text = ""
Text3.Text = ""
End Sub

Untuk Menampilkan data yang akan di edit pada Textbox, klik 2 kali pada DBGrid1, kemudian ketikkan perintah program berikut :

Private Sub DBGrid1_Click()
'kode perintah untuk menampilkan data yang sudah disimpan di dalam grid ke textbox
Text1.Text = Data1.Recordset!nrp
Text2.Text = Data1.Recordset!nama
Text3.Text = Data1.Recordset!jurusan
End Sub

Jika semua kode program sudah di ketikkan pada jendela kode,,setelah itu jalankan program dengan mengklik tombol run atau tombol F5 pada keyboard.



Sampai disini dulu pembahasan nya, semoga bisa bermanfaat buat teman-teman yang ingin belajar  Pemprograman Visual Basic 6.0.

105 komentar:

  1. Balasan
    1. Di sungai andai gan, bjm jw kc?

      Hapus
  2. Kenapa DBgrid nya tidak dapat membaca data1 nya yah mas,
    saya sudah mnikuti langkah2nya dari awal, database udah berhasil, tetep gagal trkoneksi ke DBGrid, saat di tekan data source nya,
    kalo bisa minta courc cod nya mas, saya prlu yg simple seperti ini,

    BalasHapus
  3. komponen yang ditambahkan apa sudah benar Microsoft Data Bound Grid Control? karena jika yg mas tambahkan Microsoft Data Grid Control 6, itu hanya bisa membaca Adodc, bukan data1, yg bisa membaca data1 hanya data bound grid dan flexgrid.

    iya nanti saya kirimkan ke email mas source kodenya ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. gan... mau juga donk source kodenya.... klo bisa di kirim skrng yaa... soalnya dah mau di pke bikin tugas buat di kumpulin ntar sore....
      tq sebelum nya....

      kirim nya disini aja yee.... > leonardtooy@gmail.com

      Hapus
  4. saya juga minta emailin source codenya dong,
    soalnya waktu mau ngedit databasenya eror terus
    kirim ke :
    yudo.rahadya@gmail.com

    BalasHapus
  5. iya gan,,nanti saya kirimkan source kodenya,,
    tunggu aja,,

    BalasHapus
  6. saya juga minta emailin source codenya dong,
    waktu mau ngedit databasenya eror
    kirim ke : cloud.dhia@yahoo.com

    BalasHapus
  7. sdh saya kirim mba,,cek aja di emailnya :)

    BalasHapus
  8. Mas, kalau misalkan saya masukin data ke dalam databasenya. tapi, saya tidak mengisi TextBox nya...
    Apakah masih disimpan ?

    Reply pliss...
    butuh banget, :)

    BalasHapus
  9. tutor nya muda saya mengerti, gimana cara cari data barang yang ada di Datagrid. Misalkan saya ketik huruf A maka smua yg awalan depan akan muncul. Makasai

    josep.yoga@gmail.com

    BalasHapus
  10. thanks mas,, :D
    kalau pencarian seperti itu biasanya pakai metode SQL, rasanya saya sudah membahasnya di postingan saya yang baru tentang pencarian filter dengan SQL, silahkan diliat mas :)

    http://fadilcrows.blogspot.com/2012/07/metode-pencarian-find-move-dan-sql-pada.html

    BalasHapus
  11. untuk mas Danz, iya mas,,kalau program diatas itu sangat sederhana,,jadi data yang kosongpun akan tetap tersimpan kedalam database. untuk mengatasi masalah tersebut biasanya memakai if then,,seperti ini :
    if text1.text="" or text2.text="" or text3.text="" then
    msgbox"masih ada data yang kosong"
    else
    'statement simpan seperti diatas
    end if
    semoga bisa membantu :)

    BalasHapus
  12. Aku juga bang kalo msh bisa d'kasih source codenya :)
    kirim : ichankgerrardinmasta@yahoo.co.id
    Mksh sebelumnya

    BalasHapus
  13. iya mas, nnti saya kirimkan source codenya ke email,, tunggu aja :)

    BalasHapus
  14. mas caranya untuk menambah komponen dbgrid gmana caranya tak cari dikomponen kok nggak ada

    BalasHapus
  15. data bound grid cuma ada klo vb 5 jg di install, atau pke visual studio

    BalasHapus
  16. Saya juga minta source codenya yaah.
    email pesan@aryasasmintaning.com

    BalasHapus
  17. makasih mas untuk infonya, kunjungin blog ane ya

    BalasHapus
  18. ganmau tanya cra buat yang buat simpen2 data tuh gimana yang di bawah form itu ,harus link ke acces dulu ga tuh gan?

    BalasHapus
  19. iya gan,,jd harus koneksikan dulu ke access,,

    BalasHapus
  20. dbgrid harus download ya gan? punya ane make windows 7 64 bit gimana cara nampilin db gridnya gan

    BalasHapus
  21. ajarin dong gan caranya koneksiin ke acces gimana caranya punya wa make acces 2007

    BalasHapus
  22. untuk access 2007, pas mau create,, ubah dulu formatnya jadi *.mdb atau versi 2002-2003..,klo sdh diubah baru create,,
    atau kalo misalnya sudah jd format *.accdb
    save as dlu,, pake format 2002-2003 waktu ngesave as

    BalasHapus
  23. tau kalo itu gan maksut saya cara gabungin accesnya ke vb itu gimana caranya yang kaya di gambar agan tuh

    BalasHapus
  24. owh,,coba liat artikel saya yg ini gan http://fadilcrows.blogspot.com/2012/01/cara-koneksi-database-access-pada.html
    itu cara koneksi access ke vb,,

    BalasHapus
  25. gan dbgridnya kaga ada nih ada ga gan dbgrid buat 64 bit

    BalasHapus
  26. pake yg adodc aja,,n pake datagrid,,di artikel saya lainnya ada membahas tentang koneksi dengan adodc,,coba aja liat2 dlu

    BalasHapus
  27. gan aku minta codingnya cmdcari dong programnya suruh ada buat serchingnya nih kirim di email ane gan ierickyren@yahoo.com maap gan ngerepotin lagi

    BalasHapus
  28. untuk koding pencarian ada kok,,diartikel terbaru saya,,coba liat dulu,,gampang kok untuk pencarian :)

    BalasHapus
  29. pertanyaan lg gan tadikan record setnya make adodc aku buka di propertisnya pilihan data base namenya kok ga ada ya kalo di gambar agan sini kok make data 1 jadi bingung nih gan

    BalasHapus
  30. itu yg pake data1 gan,,cara koneksi database access di vb macam2,,
    tp yg sering dipake adodc1,,
    klo yg saya pake disini data1, hanya sebagai contoh aja, jd yg mana yg mau dipake, data1, adodc1, atau yg lainnya,,terserah,,tinggal pilih sesuai keinginan :)

    BalasHapus
  31. ane make adodc1,brarti kodingnya data1.recordset diganti adodc1.recordset ya gan?

    BalasHapus
  32. saya juga minta emailin source codenya dong,
    soalnya baru mau belajar VB ne,,,
    kirim ke :
    yuniindriatilavega@gmail.com

    BalasHapus
  33. oke mba,,sudah dkirim,,cek aja emailnya :)

    BalasHapus
  34. gan gw dah coba tuh yang simpan gan tp kok ga bisa nyimpen di accesnya kenapa ya gan? terus wa coba ketik datanya d acces mala langsung masuk d bawahanya itu gmn cara biar ketik data2 trs wa klik simpan bisa masuk ke bawahnya langsung tuh

    BalasHapus
  35. coba tambahkan adodc1.recordset.requery
    dibawah update

    BalasHapus
  36. ttp ga bisa ganknp y gan kok erorny juga d bagian
    Private Sub CMD_SIMPAN_Click()aneh ud bnr pdhl

    BalasHapus
  37. mank waktu di debug,,pesan errornya apa?

    BalasHapus
  38. compile error:
    method or data member not found

    BalasHapus
  39. trus tandanya (tanda error nya) dimana?

    BalasHapus
  40. la itu gan Private Sub CMD_SIMPAN_Click()

    BalasHapus
  41. ato emal agan apa tar aku kirim gimana program wa bntu plz gan :'(

    BalasHapus
  42. mungkin name dari commandnya blm dgnti gan,,
    ya udc email mas mna,,nnti saya kirim contohnya

    BalasHapus
  43. uda kok emailku ierickyren@yahoo.com

    BalasHapus
  44. udah saya kirim mas,, silahkan cek emailnya

    BalasHapus
  45. bang coding kalo buat combo box,option button pengaturan di acces juga gimana tuh sama buat tanggalan biar otomatis gimana sama 1 lagi kalo misal nentuin harga kan depanya ada Rp nya tuh biar Rpnya juga otomatis tanpa ngetik gimana ya mohon bantuanya suhu

    BalasHapus
  46. bang kok kagadi bales sih wa tunggu2 nih

    BalasHapus
  47. T,T gan cek email dong bnrin punyaku plzzz,gan minta no hpnya dong

    BalasHapus
  48. maaf baru balas sekarang soalnya saya lg kerja dluar kota kmaren,,untuk combo, option,,ya pngaturannya biasa aja mas,,itu nnti di vb nya aja,,bukan databasenya,,
    untuk yg tipe currency bisa diatur lwat kompinya lngsung,,

    BalasHapus
  49. Mas bro,ane buat program visual basic tapi salah di kode programnya terutama di cmdsimpan,,debug trusss dengan pernyataan overflow.
    Minta masukkannya???

    Kode programnya :

    Private Sub cmdsimpan_Click()

    Set rs = dbPegawai.Execute("select * from pegawai where nip='" & txtnip & "' ")

    If rs.EOF Then

    dbPegawai.Execute ("insert into pegawai values('" & txtnip & "','" & txtnama & "','" & txtjumlak & "','" & txtgapok & "','" & txttunjri & "','" & txttunjak & "','" & txttunjab & "','" & txtgator & "','" & txtppn & "','" & txtgaber & "')")

    Else

    dbPegawai.Execute ("update pegawai set nama='" & txtnama & "'jumlak='" & txtjumlak & "',gapok='" & txtgapok & "',tunjri='" & txttunjri & "',tunjak='" & txttunjak & "',tunjab='" & txttunjab & "',gator='" & txtgator & "',ppn='" & txtppn & "',gaber='" & txtgaber & "'where nip='" & txtnip & "'")

    End If
    text_kosong
    comm_awal
    tabelpegawai



    End Sub

    BalasHapus
  50. owh pake sql ya simpannya,,
    rasanya ada yg kurang deh dkodingnya,,coba liat yg insert into pegawai (sebelum values seharusnya diisi dengan field2 database yg akan diinputkan) values (.....)
    contoh :

    SQLSimpan = "Insert into pegawai (nip, nama, gaji) values ('" & Txtnip & "','" & Txtnama & "','" & Txtgaji & "')"
    dbpegawai.execute SQLSimpan

    BalasHapus
  51. source kode untuk tambah satu di primary key dgn otomatis saat kita simpan

    BalasHapus
  52. emmh,,mksdnya gmna ya,,??
    mohon pertanyaannya dperjelas :)

    BalasHapus
  53. Mas saya juga mintak source code nya tolong di kirim ya makasih.
    ini emailnya.

    newbie.programer@gmail.com

    BalasHapus
  54. Mas Boleh nanya ga, Kalo program diatas mau di View di report Scriptnya gimanA?

    BalasHapus
  55. buat dulu reportnya,,baru di view,,
    buat manggil nya gunakan komponen crystal report control,,

    BalasHapus
  56. mas fadli saya boleh minta kodenya?
    ini email saya: ndahhardhian@gmail.com

    BalasHapus
  57. Terima Kasih telah membagikan ilmu anda, Informasi yang
    sangat berguna dan bermutu. mari kita saling kenal jauh
    melalui jaringan blogspot ini dengan saling follow

    Follow di blog saya : http://jejakservicepc.blogspot.com/

    semoga kita bisa saling berbagi ilmu yang tiada hentinya
    mengalir dalam dunia ini.

    BalasHapus
  58. mas Nurkholik = udah saya kirim source code nya, silahkan cek emailnya :)

    Trik jitu komputer = sama2 mas, thx sudah berkunjung ke blog saya :)
    sudah saya follow blog nya :)

    BalasHapus
  59. gan, ane mau tanya. ane dapet tugas kantor, buat bikin program database menggunakan openoffice base. ada contoh sederhananya engga gan?
    kalau ada tolong kirimin ke email ane ya gan.! please help me.
    agungjuni90@gmail.com
    terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  60. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  61. Mas, tadi kan DatabaseName cari dan buka file DBData.mdb yang telah kita buat----> yg ini buatnya dari enterprise manager atau apa mas?
    Soalnya aq ada data ttg database tp pas aq pilih folder penyimpanan databasenya gak bisa open

    BalasHapus
  62. Agung = wah saya blm pernah bikin program database dgn open office mas :)

    davidsi = coba pake visual data manager mas,,bawaan vb nya,,

    BalasHapus
  63. gan mau tanya.. gmna klu 1 command button jd 2 fungsi... misalnya "Hitung" dan "Hapus"... tolong d bantu gan....

    BalasHapus
  64. kirim k dedyagung.26@gmail.com

    BalasHapus
  65. kirim saya juga mas source kodenya.

    BalasHapus
  66. tampilan vb 6.0 saya tidak ada adodc dan dbgrid nya,,,gimana yah supaya muncul toolbox itu,,,terus pas koneksi dari data1 nya kok data access tidak dikenali,,,mohon pencerahannya donk mas...

    BalasHapus
  67. bANG KOQ SAYA NGIKUTIN PROGRAM INI DARI AWAL TP KENAPA DI RUN GAK MAU Y??? KALAU BOLEH,,DENGAN RENDAH HATI MINTA DONK PROJECT DAN SOURCE KODENYA,,,SBLMNYA TERIMA KASIH BANYAK,,
    khriztpie@gmail.com

    BalasHapus
  68. Bang tlg krm bneran y!!! hee,,heeee,,,,dtunggu!!!! mg2 cpt dibaca,trus dibalezzz,,,,Amin!!

    BalasHapus
  69. info yang bagus sob..
    salam kenal

    saya sudah follow blog sahabat.
    follow back ya..
    tarimakasih

    BalasHapus
  70. mas, punya saya mh error mulu euyyyy ..
    saya pake adodc soalnya , g tau ne yang kurangnya dimana , debug mulu neh .

    minta pencerahannya, kalo mas berkenan hati
    saya minta kirim soucre code ke email ..
    ini email saya faniroyani@gmail.coom
    makasih mas

    BalasHapus
  71. cara mengkoneksikan TDBGrid (true dbgrid)dengan MS Acces tanpa adodc gimana ya caranya..

    BalasHapus
  72. Horee....ane berhasi....thanks ya bro...udh bagi bagi ilmunya..., PERHATIAN!!!!! jangan pake ADODC , sampe kelimpungan mikirin caranya gak akan pernah berhasil....., pake nya komponen DATA AJA jangan ADO DC , terus buat nampilin hasilnya jangan pake data GRid tapi pake DB GRD aja ...

    BalasHapus
  73. mas
    ada koding filtering dengan databound grid ??

    BalasHapus
  74. gan, bagaimna cara mengisi data value di combobox (vb6).
    tolong banget mas..
    ini email saya : sehataee@gmail.com
    trims gan..

    BalasHapus
  75. email saya : krisnatama21@gmail.com
    tolong kirim source codenya mas..makasih

    BalasHapus
  76. mas bro, minta tuuoolongg source codenya donk..:)
    imel ke : bordigsda@gmail.com
    makasih mas bro... jangan ngerasa capek bagi ilmu..

    BalasHapus
  77. semanggat anak pemograman,,,,

    BalasHapus
  78. gan, boleeh minta souce code nya gak,, udah nyoba langkah2 masih gak jalan

    kirimin ke emal ane ya,,
    Ferdi.kuman@gmail.com

    thx

    BalasHapus
  79. gan maf sya boleh mnta source code'y?
    sya nyoba tp msh blh jln..
    thank sblum'y gan
    setiawan.yoga91@rocketmail.com

    BalasHapus
  80. Selamat Malam.

    mas kok punya saya error ya pdahal sudah sesuai sma aturan step by stepnya..

    Keknya permasalahan saya sama kek coment" sebelumnya.

    Thanks

    happytimealways11@yahoo.com

    BalasHapus
  81. sama gan..
    uyunk4me@gmail.com

    BalasHapus
  82. mas punya saya debug melulu ne
    saya mohon bantuan nya mas
    saya gak tau salah di mananya ne
    saya pakai adodc

    kalau mas berkenan kirim kodingnya ke email saya ya mas
    ne email nya f13.ity@gmail.com
    bantu saya mas !!!!

    BalasHapus
  83. mas bisa minta filenya sebagai sampel buat belajar kirim ke emai saya tipalayo2000@gmail.com

    thanks mas sebelumnya

    BalasHapus
  84. saya juga minta source code nya mas, saya coba buat eror,
    kirim ke MrPotensial2@gmail.com
    terima kasih

    BalasHapus
  85. kenapa gak bisa coonect ke tabel nya yahh..pesan: .mdb gak sesuai

    BalasHapus
  86. kok error yah......klo dengan listing program aja tanpa propertis gmana

    BalasHapus
  87. mas ,aku connect vb 6 ke sql
    terus aku bikin button update,jadi saat aku clik data yg ada di dtbase muncul, semua data nya sih muncul.
    tapi image yg udah aku load itu ga ke show, tapi di database nya filename image nya ada kok,cuma gak bisa muncul aja itu gmna yah thanks

    BalasHapus
  88. thank you mas bro..
    makasih banyak nih..

    BalasHapus
  89. bro kalo bisa saya mau tanya nih..
    itu ".Edit" nya bner gg..??

    masalahnya tiap kali aku click button editnya, debug terus bro..

    BalasHapus
  90. kirimin source codenya ya mas, soalnya ga bisa-bisa nih ga tahu salahnya dimana
    swastiastuyaduya@gmail.com

    BalasHapus
  91. mas tolong di emailkan source code nyaa
    little.nchuzz@gmail.com

    terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  92. DBGrid1.Refresh
    code yg di atas ini kok gabisa yaa? minta source code nyaa juga doonk mas,,,
    saefudien17@gmail.com

    BalasHapus
  93. mas tlng dong kirimin source codenya,
    penting banget tugas kuliah ke alamat ini Please mas
    danz.asrevenge@gmail.com

    BalasHapus
  94. Mas tolong dong mas kirimkan source code nya mas soalnya saya di suruh membuat program diatas tolong emailnya (ikbar40@gmail.com)

    BalasHapus
  95. Mas ajarin dong cara bikin chet pointblank menggunakan vb aq udh bertax kesana-kemari kok tidak ad yang tau padahal aq sangat membutuhkanx.
    Klu mas mau bantu saya tolong di kirim ke cpadye@yahoo.com

    BalasHapus
  96. bgmn cara membuat listning next ketika data yang dicari sudah habis, minta blsan scpatx
    tanks sblmx

    BalasHapus
  97. dalam cmdEdit
    data1.recordset.edit

    apa ada penambahan di modulnya. ?
    nah habis recordset "edit"nya gak ada mas. .
    adanya EditMode

    gimana munculinx mas. ?

    BalasHapus