Subscribe:

Pages

Labels

Advertisement (468 x 60px )

Ads 468x60px

Search Box

Jumat, 06 Januari 2012

Tata Cara dan Teknik Membuat Database

Pada pembahasan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara membuat atau menentukan field-field database yang akan dibuat dalam satu program. Nah biasanya kalau kita disuruh membuat satu program aplikasi database, yang pertama kita pikirkan adalah bagaimana atau tabel apa saja yang diperlukan untuk database dari program tersebut. 

Untuk membuat atau mengetahui apa saja tabel dan field-field nya yang pertama kita harus tahu apa judul program yang akan kita buat, atau program apa yang akan kita buat.

Kedua, setelah menentukan program apa yang akan kita buat, baru kita menentukan nama tabel dari database program tersebut, misalnya kita akan membuat aplikasi persediaan barang. Karna namanya persediaan barang, sudah tentu aplikasi kita berhubungan dengan barang dan data nya..,dari situ kita sudah dapat menentukan tabel apa saja yang diperlukan untuk aplikasi tersebut., Misalnya kita buat satu tabel dengan nama data_barang.

Langkah ketiga, kalau nama tabel sudah ditentukan, sekarang tinggal menentukan field-field apa saja yang ada di tabel data_barang, nah untuk menentukannya, kita sesuaikan dengan nama tabel tersebut, karna nama tabelnya data_barang, maka field yang ada di dalamnya sudah tentu seputar tentang data-data barang, misalnya ada kode_barang, nama_barang, jenis_barang, satuan, dan atau harga_barang kalau dibutuhkan.

Setelah kita tentukan apa saja fieldnya, sekarang baru kita tentukan type data dan size dari masing-masing field tersebut. untuk itu kalian harus tahu dulu apa fungsi dari type data tersebut..,berikut fungsi dari beberapa type data untuk field database :
  • Text / String : adalah tipe data yang dapat menerima input berupa data text.
  • Date/Time : adalah tipe data yang dapat menerima input berupa tanggal, tipe data jenis ini memiliki ukuran 8 byte dan size 8.
  • Currency : adalah tipe data yang dapat menerima data berupa nilai uang.
  • Byte,Integer, Long : adalah tipe data untuk menerima input berupa bilangan bulat.
  • single, double : adalah tipe data untuk menerima input berupa bilangan pecahan.
  • boolean : adalah tipe data logika, hanya benar atau salah (true/false)
Sekarang tinggal sesuaikan tipe data apa yang cocok untuk field dari tabel database anda, misalnya untuk tanggal lahir : tipe datanya date/time, atau harga barang : tipe datanya yang dipakai adalah Currency.

Untuk size nya, sesuaikan dengan kebutuhan field tersebut, misalnya untuk kode barang kita hanya ingin agar batas maksimal kode adalah 4 karakter, maka tinggal kita tentukan size dari kode barang itu = 4.

Kalau kita sudah bisa menentukan nama tabel, dan field-field apa saja yang ada dalam tabel tersebut berarti kita sudah bisa membuat database kita sendiri.

Semoga bisa membantu teman2 yang ingin belajar membuat database. ^_^

8 komentar:

  1. Mas..sya bkin database di access. ektensinya kan .mdb ya?? Tapi pas di browse di AdoDC ga kbca??gmn ya??

    BalasHapus
  2. mungkin file database access nya mas simpan di dlm folder lain, karna kalo ekstensinya benar *.mdb, seharusnya terbaca saat di browse.

    BalasHapus
  3. siang mas, saya membuat database di access untuk data karyawan..tapi di data karyawan per nama tersebut ada sub sub lagi kalau kita klik dalam data per nama tersebut misalnya laporan dan lain-lain, itu bagaimana cara nge link nya ya, seperti link ke Excel atau Word. dengan access apa bisa nge link ke Excel dan word? tq penjelasannya

    BalasHapus
  4. mohon penjelasannya mas. saya tunggu replynya di email "willywh78@yahoo.com" terima kasih atas waktunya

    BalasHapus
  5. saya juga ingin menanyakan masalah hal yang sama dengan sodara willy wibowo...
    mohon penjelasannya juga yah...hehehe
    terima kasih
    cikita.chelsea@gmail.com

    BalasHapus
  6. Sama juga pertanyaannya seperti pak willy wibowo

    BalasHapus
  7. kalau teknik database ku memanajemen kapasitas dari field nya gan

    baca juga artikel teknik belajar visual basic 6.0

    BalasHapus